Jakarta,DLHBinjaiNews (07/11/2019) Masuk sebagai salah satu di antara 100 kabupaten dan kota yang terpilih dalam gerakan 100 Smart City. Kota Binjai turut berpartisipasi dalam ajang Exhibition, Evaluation & Presidential Lecture yang diselenggarakan di Balai Sudirman, Jakarta, 4-6 November 2019. Acara besar ini merupakan salah satu rangkaian gerakan menuju 100 smart city di Indonesia Tahun 2019.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G Plate, dalam sambutannya mengatakan, pemerintah pusat, sangat mendukung secara maksimal dengan segala sumber daya yang dimiliki untuk mewujudkan smart city di Indonesia

“Kondisi masyarakat dunia semakin dinamis dengan situasi ekonomi global, perang dagang, potensi resesi ekonomi dunia di beberapa negara seperti Jerman, Chili, Turki dan lain-lain menjadi isu yang harus kita jawab ke depan,” ujar Menteri Kominfo

Lebih lanjut, Jhony menjelaskan, smart city tidak hanya tentang teknologi informasi dan jaringan internet, tetapi bagaimana pemerintah bisa memperbaiki layanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi Smart City tidak hanya mengurusi tentang teknologi informasi dan jaringan internet, lebih dari itu smart city merupakan bagaimana upaya pemerintah bisa menghadirkan kualitas layanan publik dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Menkominfo juga mengunjungi stand pameran Kota Binjai sekaligus berdialog bersama Kadis Kominfo Kota Binjai, Ahmad Ilham, SH. M.AP bersama para staf yang mengikuti kegiatan ini.

Sekretaris Daerah Kota Binjai, M. Mahfullah P. Daulay, S.STP, M.AP didampingi Kepala OPD terkait tengah memaparkan program Binjai Smart City kepada TIm Penilai Smart City.

Gelaran 100 smart city Indonesia diikuti oleh 75 stand kabupaten/kota. Setiap kabupaten/kota menampilkan inovasi di bidang teknologi informasi. Kota Binjai sendiri menampilkan aplikasi Binjai Smart City yang masuk dalam quick Win diantaranya Aplikasi E-Mas, Aplikasi Catin (Calon Pengantin), Aplikasi E-Saberling (Sapu Bersih Lingkungan). Di hari kedua juga dilaksanakan paparan tentang konsep smart city masing masing daerah. Kota Binjai dalam paparannya, bahwa program Binjai smart city yang dibuat bertujuan untuk mempermudah segala kebutuhan masyarakat terutama dalam pelayanan publik yang bersifat langsung maupun tidak langsung. yang disampaikan oleh M. Mahfullah P Daulaym S.STP, M.AP selaku Sekretaris Daerah Kota Binjai didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir.Dahnial Reza, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Hj. Ernawati SH, M.AP, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, H. Ahmad Ilham, SH, M.AP, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Drg. Lilik Rosdewati, M.Kes, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dr. Teuku Amri Fadli, M.Kes, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Ir. Agustawan Karnajaya, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Drs. Eka Edi Saputra serta Pejabat Eselon III, IV OPD Kota Binjai terkait lainnya.