BINJAI,DLHBinjaiNews (29/08/2022) Kota Binjai meraih penghargaan Kota Layak Anak kategori Madya Tahun 2022 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Republik Indonesia. Penghargaan berupa Piala dan Sertifikat diterima langsung Wali Kota Binjai, Drs. Amir Hamzah, MAP melalui Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga, Yushilda Usman, SH, M.AP, siang tadi bertempat diruang kerja Wali Kota Binjai,Senin (29/8/2022).

Ruang Bermain Ramah Anak merupakan salah satu indikator Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) dan Provinsi Layak Anak (PROVILA). Adapun tujuan akhir dari ruang bermain adalah untuk membuat anak-anak bahagia dan mewujudkan terjadinya proses perlindungan anak saat mereka bermain. Oleh karenanya, semua ruang bermain anak harus terstandardisasi dan tersertifikasi.

Bermain memiliki banyak manfaat bagi anak, diantaranya membentuk tumbuh kembang anak secara optimal dan menyeluruh, baik fisik, spiritual, intelektual, dan sosial. Namun, ketika bermain anak harus selalu didampingi. Prinsip Ruang Bemain Ramah Anak adalah gratis, non diskriminasi, kepentingan terbaik untuk anak, partisipasi anak, aman dan selamat, nyaman dan sehat, serta kreatif dan inovatif. Unsur utama dari Ruang BermainRamah Anak ada 4 (empat), yakni ruang terbuka hijau publik, perabot bermain, perabot lingkungan, serta sarana dan prasarana pendukung, seperti pos keamanan, Puskesmas, kantin, dan lapangan parkir.

Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai terus berupaya mewujudkan Ruang Bermain Ramah Anak di Kota Binjai, dimana Taman Balita menjadi salah satu Taman Kota sekaligus Ruang Bermain bagi anak-anak yang diunggulkan Pemerintah Kota Binjai. Inovasi terus dilakukan DLH Kota Binjai terhadap permbangunan maupun perkembangan Infrastruktur Taman Kota di Kota Binjai dibawah Pemerintahan Wali Kota Binja, Drs. Amir Hamzah, M.AP dan Wakil Wali Kota Binjai, Rizky Yunanda Sitepu, S.T.P.

Bersama Pihak Terkait, Koordinasi selama ini menuju terciptanya ruang bermain ramah anak kerap dilakukan DLH Kota Binjai demi memenuhi 13 persyaratan standar yang harus dipenuhi, yaitu persyaratan lokasi, pemanfaatan, kemudahan, material, vegetasi, pengkondisian udara/penghawaan, tempat dan peralatan/perabot bermain, keselamatan, keamanan, kesehatan, kenyamanan, pencahayaan dan pengelolaan.

Alhamdulillah, upaya yang dilakukan oleh semua pihak dalam memenuhi indikator-indikator Kabupaten/Kota Layak Anak membuah hasil yang dengan diraihnya penghargaan Kota Layak Anak kategori madya. Tentunya ini menjadi prestasi yang membanggakan bagi Pemerintah kota binjai dan masyarakat kota binjai.