BINJAI,DLHBinjaiNews,(9/4/2019). Pemerintah Kota Binjai menerima Piagam Penghargaan Nirwasitra Tantra Award dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Award ini diberikan atas partisipasi mengikuti ajang nasional Penghargaan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHP) yang dilaksanakan setiap tahun . Demikian diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai dr.Tengku Amri Fadli, M.Kes yang diwakili Kepala Seksi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan (PPSL) Nila Kesuma Saragih, ST, M.AP, Kamis (4/4/2019).

Piagam penghargaan diserahkan Kepala DLH Provinsi Sumatera Utara, DR.Ir Binsar Situmorang, M.Si, M.AP, dan diterima Kepala Seksi PPSL Nila Kesuma Saragih, ST, M.AP, Kamis (4/4/2019) di Hotel Grand Kanaya Convention,Medan.

Nila mengatakan Nirwasita Tantra Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan atau program kerja sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan dalam rangka memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya. Kebijakan menyampaikan isu strategis lingkungan hidup di wilayah Kota Binjai yakni, mengenai kualitas air, perubahan iklim persampahan dan limbah industri.

Jelasnya lagi, Pemberian penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2018 ada sebanyak 15 daerah se-indonesia terdiri dari 3 provinsi, 6 kota dan 6 kabupaten. Kelima belas tersebut menerima penghargaan, setelah dinyatakan sebagai pemenang dalam perumusan dan penyusunan DIKPLHP. Penghargaan berupa tropi dan piagam diserahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada kepala daerah pada 14 Januari 2019 lalu.

Untuk Provinsi Sumatera Utara ada 8 Kabupaten/Kota yang berpartisipasi dan Kota Binjai salah satunya dengan kategori Kota Sedang. Meski Kota Binjai belum berkesempatan menjadi pemenang nasional dalam ajang nasional lingkungan hidup tersebut namun Kota Binjai menerima piagam penghargaan dari KLHK, artinya apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Binjai terhadap isu-isu strategis tersebut ternyata telah membuahkan hasil yang cukup baik.

Kendati belum mampu menyumbangkan yang terbaik bagi Kota Binjai, namun pihak Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai akan terus berupaya dalam meningkatkan kinerjanya lebih baik lagi.