BINJAI,DLHBinjaiNews (4/12/2019) Walikota Binjai, H.M Idaham, SH, M.Si menghadiri peresmian Bank Sampah dan Pengukuhan Madrasah Peduli Lingkungan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Nurul Iman Berngam yang beralamat di Perumnas Berngam, Jalan Jambore Raya, Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota,Binjai. Acara ini dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama RI Kota Binjai, Drs. H. Abd. Rahman Harahap, M.A, Kepala MTs Swasta Nurul Iman Berngam, Rijaldi, S.Pd.I, MM , Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, dr. T. Amri Fadli, M.Kes, Asisten 1,2 dan 3, Staf Ahli, Perwakilan OPD, Camat Binjai Kota, Fajar Kurniawan, S.Stp. Lurah Berngam, Kepala KUA Binjai Kota, Kepala UPT Pengolahan Sampah dan TPA DLH Kota Binjai, Debby Lestari, SE, Ketua BKM Mesjid Nurul Iman Berngam, Tokoh Agama, Tokoh Masyarat, Pengajar dan siswa siswi MTs Swasta Nurul Iman Berngam.

Dalam sambutannya, Walikota Binjai, HM Idaham memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas didirikannya Bank sampah ini yang mana sejatinya merupakan perwujudan komitmen dan kepedulian MTs Swasta Nurul Iman dalam mendukung program Pemerintah Kota Binjai, khususnya di bidang lingkungan hidup dalam rangka membangun kota binjai berwawasan lingkungan.

“Terkait pembentukan Bank sampah ini, saya berharap kedepannya agar dapat dikelola dan dikembangkan dengan sebaik-baiknya,” ujar Idaham.

Idaham menambahkan bahwa Pemerintah Kota Binjai memiliki Hutan Kota di wilayah kelurahan berngam, ia berharap DLH Kota Binjai dapat bekerjasama dengan MTs untuk mengelola hutan kota tersebut yang ada disepanjang sungai bingai karena manfaatnya sangat banyak bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Sebelumnya Kepala MTs Swasta Nurul Iman juga menyampaikan bahwa kepedulian lingkungan merupakan konsep islam yang sebenarnya, jika tidak ada kepedulian, tidak akan bisa bangsa kita maju.

“Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Berngam adalah sebuah sekolah GRATIS yang terletak di lingkungan Mesjid Nurul Iman yang saat ini jumlah siswanya sebanyak 27 siswa. MTs Nurul Iman memiliki visi misi mencoba merwujudkan generasi muslim dalam bidang imtaq dan iptek, memiliki kepekaan sosial tinggi serta peduli terhadap kelangsungan lingkungan alam sekitarnya” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Pengukuhan MTs Swasta Nurul Iman sebagai Madrasah Peduli Lingkungan sekaligus pelantikan Pengurus Bank Sampah Nurul Iman dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Binjai, Drs. H. Abd. Rahman Harahap, M.A.

Usai pelantikan dan pengukuhan, Walikota Binjai kemudian melihat stand Pameran hasil kerajinan tangan dari sampah dan produk UKM yang diproduksi oleh MTs Swasta Nurul Iman sekaligus peletakan Payung Sampah di depan Halaman Madrasah.