BINJAI,DLHBInjaiNews (30/4/2018) Pemerintah Kota Binjai menggelar upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke – XXII tahun 2018. Upacara dilaksanakan di Halaman Belakang Kantor Walikota Binjai, Jl. Sudirman No.1, Senin, 30 April 2018.

Seyogyanya upacara peringatan Hari Otonomi Daerah yang jatuh pada tanggal 25 April setiap tahunnya pada tahun ini diundur pelaksanaannya untuk disesuaikan dengan Apel Gabungan Pemerintah Kota Binjai yang selalu dilaksanakan setiap hari Senin.

Adapun tema Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke – XXII Tahun 2018 ini adalah “Mewujudkan Nawa Cita melalui Penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis”.

Walikota Binjai H.M Idaham, SH, M.Si yang diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Binjai, M.Mahfullah P.Daulay, S.STP, M.AP selaku inspektur Upacara menyampaikan “Penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah proses demokrasi, karena hal ini menjadi syarat mutlak untuk pembangunan yang menyeluruh dan berimbang,” ujar Sekdakot saat membacakan pidato amanat Menteri Dalam Negeri.

Sekdakot Mahfullah menambahkan ” Penyelenggaraan otonomi daerah yang diarahkan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif dan demokratis dan terpercaya menjadi syarat utama terwujudnya tujuan utama otonomi daerah yaitu peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan daya saing, kreatifitas, serta inovasi yang mengandalkan kekhasan daerah. Namun, jika prinsip-prinsip ini diabaikan, maka penyelenggaraan otonomi daerah tidak akan pernah sampai pada tujuannya.

Jika penyelenggaraan otonomi daerah mampu diselenggarakan secara bersih dan demokratis, kemudian diiringi dengan bersemainya berbagai inovasi di daerah, maka mewujudkan Nawa Cita yang merupakan cita-cita kita bersama akan menjadi sebuah keniscayaan.

img_20180430_073845-278631988.jpg
Barisan ASN DLH Kota Binjai sebelum pelaksanaan Upacara Hari Otonomi Daerah Ke-XXII

Sebelumnya Kabag Administrasi Pemerintah dan Kerjasama Sekretariat Daerah Kota Binjai, Hilda Yusman, S.Sos M.AP selaku panitia penyelenggara acara Hari Otonomi Daerah Ke-XXII Kota Binjai Tahun 2018 turut membacakan laporan kegiatan sekaligus pengumuman pemenang penyusunan LPPD Instansi terbaik dan Kelurahan Terbaik Tahun 2018 Kota Binjai. Adapun OPD dengan Penyusunan LPPD Terbaik Kota Binjai keluar sebagai juara pertama adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Binjai, juara kedua Dinas Perizinan dan  Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Binjai, juara ketiga Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Binjai. Sedangkan untuk Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Binjai Tahun 2018 diraih oleh Kelurahan Sumber Mulyo Rejo sebagai Juara Pertama, Kelurahan Damai sebagai Juara Kedua dan Kelurahan Bhakti Karya meraih juara Ketiga.

Penyerahan piala dan piagam penghargaan serta hadiah diberikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Binjai M.Mahfullah P. Daulay didampingi Unsur Forkopimda diantaranya mewakili Kodim 02/03 Lkt, BNN Kota Binjai,  Kementerian Agama Kota Binjai, Pengadilan Negeri Binjai, Kejaksaan Negeri Binjai, Polres Binjai dan Bank Sumut Cabang Binjai (BUMD).