BINJAI,DLHBinjaiNews (21/5/2018) Pemerintah Kota Binjai melaksanakan upacara dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke – 110 Tahun 2018 yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Binjai, Senin (21/5).

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke -110 yang bertema ““Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital”.dihadiri Walikota Binjai H.M Idaham, SH, M.Si bertindak selaku Inspektur Upacara, Wakil Walikota H.Timbas Tarigan, SE, Sekdako M.Mahfullah P.Daulay,S.STP,M.AP, DPRD Kota Binjai, Unsur Forkopimda Kota Binjai, diikuti ASN Pemko Binjai, Personil   TNI, Polri, pelajar dan organisasi pemuda.

Dalam upacara tersebut, Walikota Binjai membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara S.Stat. MBA yang mengatakan, ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan lebih dari seabad lalu, kita nyaris tak punya apa-apa. Kita hanya memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Namun, sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja cukup, asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama, Kemerdekaan Bangsa.

“Bersatu adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia, namun pada saat yang sama tantangan yang maha kuat menghadang didepan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan,” ujar Rudiantara.

Menkominfo juga mengungkapkan,  digitalisasi di berbagai bidang ini juga membuka jendela peluang dan ancaman yang sama. Ia akan menjadi ancaman jika hanya pasif menjadi pengguna dan pasar, namun akan menjadi berkah jika kita mampu menaklukkannya menjadi pemain yang menentukan lansekap ekonomi berbasis digital dunia.

“Oleh sebab itu, mari bersama-sama kita jauhkan dunia digital dari anasir-anasir pemecah-belah dan konten-konten negatif, agar anak-anak kita bebas berkreasi, bersilaturahmi, berekspresi, dan mendapatkan manfaat darinya,” ungkapnya.

Ratusan peserta upacara terlihat khidmat dalam mengikuti rangkaian upacara. Usai pelaksanaan upacara di Lapangan Merdeka Binjai tersebut dilanjutkan dengan ziarah di Taman Makam Pahlawa Syuhada, Binjai.