BINJAI,DLHBinjaiNews (17/11/2018) Penghargaan demi penghargaan terus diterima Pemerintah Kota Binjai , kali ini salah satu Penghargaan Bergengsi diberikan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) kepada Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai atas prestasinya sebagai Juara Harapan II Penyusun Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Hidup Daerah (IKPLHD) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017, Jum’at (13/11/2018) di Kantor Pemprovsu, Medan.

Penghargaan ini dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Kota Binjai sesuai salah satu upaya merealisasi visi misi Walikota dan Wakil Walikota Binjai terkait pengelolaan lingkungan hidup” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai dr.Tengku Amri Fadli, M.Kes.

Amri menambahkan” meski tidak meraih peringkat 3 besar, namun penghargaan ini sangat kami syukuri dan bangga, peghargaan ini diperoleh berkat usaha rekan-rekan ASN dan Petugas DLH Kota Binjai serta dukungan masyarakat kota binjai, dengan penghargaan tersebut akan berusaha lebih memacu Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai agar menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik.

Sebagai informasi, Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Hidup Daerah (IKPLHD) ini disusun untuk melaksanakan amanat UU No 32/2009 Pasal 62 Ayat (2), dimana Pemerintah baik nasional maupun provinsi atau kabupaten/kota wajib untuk menyebarluaskan informasi lingkungan hidup kepada masyarakat. Dokumen ini menunjukkan kinerja Pemerintah Daerah dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup selama satu tahun (dokumen tahunan). Publik berhak mengetahui tentang apa yang telah dilakukan pemerintah. Dan hal ini selaras dengan penerapan prinsip good governance dan akses informasi kepada publik, sebagaimana ditetapkan Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Sejak tahun 2017 dokumen ini dipertandingkan atau dilombakan untuk memperoleh penghargaan NIRWASITA TANTRA, sebuah penghargaan yang diberikan kepada daerah yang memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup. Maka daripada itu setiap daerah berusaha untuk menampilkan laporannya sebaik mungkin.

Didalam Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Hidup Daerah (IKPLHD) memuat profil data kinerja pengelolaan lingkungan hidup, dokumen tersebut juga mewajibkan adanya penyaringan tentang isu-isu lingkungan hidup daerah dan analisis hubungan kausalitas antara unsur-unsur penyebab terjadinya persoalan lingkungan hidup, status, dan upaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan (Pressure, State and Response Analysis). Dengan model analisis seperti ini maka dokumen ini akan sangat bermanfaat bagi dokumen-dokumen perencanaan pembangunan daerah lainnya, seperti RPJM, RTRW dan RPPLH, namun yang terpenting dan substansial adalah respons dan kepemimpinan kepala daerah dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup di daerah.