BINJAI,DLHBinjaiNews (4/6/2018) Pemerintah Kota Binjai melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018 di halaman Kantor Walikota Binjai, Senin (4/6) pagi.

Upacara sakti lahirnya Pancasila kali ini dipimpin oleh Walikota Binjai H.M Idaham, SH,M.Si diwakili Sekretaris Daerah Kota Binjai M.Mahfullah P.Daulay, S.STP, M.AP bertindak sebagai inspektur upacara didampingi Kakan Kemenag Kota Binjai Abdul Manan, Para Staf Ahli, Para Asisten, Kepala OPD, serta diikuti oleh seluruh ASN Kota Binjai .

Dalam kesempatan itu, Sekda Mahfullah saat membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.
“Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Mahfullah
Menurut Presiden Jokowi, para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang telah duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan.

“Kita Perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme. Konflik sosial ,terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar bingkai dari masalah tersebut. kita bisa hidup rukun antar sesama umat beragama dan selalu hidup bergotong royong,”

Presiden Jokowi mengajak semua komponen masyarakat, tokoh agama, politisi dan jajaran aparat pemerintahan, anggota TNI dan Polri, para pekerja serta pelaku ekonomi, untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Upacara diisi dengan menyanyikan lagu nasional Garuda Pancasila diiringi Marching Band BPBD Kota Binjai.