BINJAI,DLHBinjaiNews (30/5/2019) Pasca hujan deras disertai angin kencang yang menerjang kota binjai pada Rabu (29/5) sore kemarin yang mengakibatkan rusaknya sejumlah fasilitas umum dan belasan atap rumah warga rusak serta tumbangnya puluhan pohon penghijauan. Hari ini Kamis (30/5) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai mulai membersihkan dan mengangkut sampah pohon tumbang.

Kabid Kebersihan dan Angkutan DLH Kota Binjai Muhammad Alhuda, S.STP melalui Kasi Kebersihan Edi Suprayitno S.Sos mengatakan pembersihan sampah pohon tumbang, ranting dan daun serta puing-puing kayu, genting, seng saat ini tengah dilakukan dengan menggunakan armada angkutan sampah.

“Kita angkut sampah-sampah, sisir sampah yang bisa diangkut dengan armada angkutan sampah yang beroperasi sesuai dengan wilayah rute masing-masing” jelas Edi.

Saat disinggung target upaya pembersihan sampah, Edi menegaskan tidak ada target pembersihan semua tergantung kondisi keadaan dilapangan maupun cuaca, tetapi upaya penanganan pengangkutan sampah akan dilakukan secepat mungkin.

“sampah pohon tumbang, ranting, daun serta puing-puing kayu, atap, seng semua akan dibuang ke TPA Mencirim. Masyarakat khususnya yang tinggal dalam gang dan terkena dampak hujan deras disertai angin kencang agar menaruh sampah di tepi jalan besar tempat dilaluinya Armada Pengangkutan Sampah DLH Kota Binjai dan bagi warga yang rumahnya tidak ada dilalui armada pengangkutan sampah DLH Kota Binjai dapat berkoordinasi dengan Pihak Satgas Kebersihan Kecamatan sesuai wilayah tempat tinggalnya masing-masing” pungkasnya.

Tidak hanya DLH Kota Binjai, petugas BPBD Kota Binjai yang terbagi dalam beberapa regu sejak pagi hari juga kembali melanjutkan pemotongan pohon-pohon tumbang serta bersiaga disejumlah titik rawan banjir wilayah Kota Binjai, dari informasi terakhir yang diterima saat ini rekan-rekan Petugas BPBD Kota Binjai tengah berada di Gang Balai, Binjai sedang melakukan pemotongan pohon yang menghalangi Jalan atau menimpa rumah warga.