BINJAI,DLHBinjaiNews (10/01/2019) Dalam rangka memperingati hari Sejuta Pohon Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, membagikan bibit pohon Matoa (Rambutan Papua), kepada komunitas pecinta lingkungan dan masyarakat di Lokasi Eks MTQ Provinsi Sumut, tepatnya di Jalan Bejomuna, Kelurahan Timbang Langkat,  Binjai Timur, Binjai, Kamis (10/1).

Pembagian bibit pohon tersebut, diberikan langsung oleh Kepala Dinas DLH Kota Binjai, dr. T. Amri Fadli M. Kes, kepada komunitas pecinta lingkungan diantaranya, Binjai Kota Ku (BIKOKU), Pemuda Kreatif Milenial, Komunitas Binjai Pancing Club, Taman Edukasi Binjai, Taman Selfi, Komunitas Musang Binjai serta masyarakat.

Dalam sambutannya, dr. T. Amri, sangat mengapresiasi kegiatan positif yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan hidup beserta ekosistemnya. Dimana, saat memperingati hari sejuta pohon sedunia, para anggota komunitas di Kota Binjai, turut serta dan berperan aktif dalam kegiatan tersebut.

“Selaku Kepala DLH Kota Binjai, saya sangat mengapresiasi kegiatan positif yang digelar bersama para komunitas di Kota Binjai seperti saat ini, dari sini kita bisa mengkampanyekan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan kita, untuk kepentingan kita bersama,” ucap dr. T. Amri.

Selain itu, dr. T. Amri juga mengatakan para anggota komunitas dapat membantu kinerja pemerintah daerah dengan menjadi pelopor pelestarian lingkungan hidup, dengan cara menghimbau para pengusaha ataupun masyarakat disekitarnya agar tidak membuang limbah serta sampah di sembarang tempat.

“Dalam rangka melestarikan lingkungan hidup, para pemuda-pemudi dan anggota komunitas yang ada di Kota Binjai, dapat membantu kinerja kami, dengan memberikan himbauan kepada pengusaha ataupun masyarakat disekitarnya, agar tidak membuang limbah serta sampah sembarangan, agar tidak mencemari lingkungan,” ujar mantan Direktur RSUD Dr RM Djoelham Binjai itu.

Salah satu tokoh pemuda yang mewakili komunitas Pemuda Kreatif Milenial, M Andri Alfisah, mengungkapkan, betapa pentingnya memanfaatkan setiap jengkal lahan yang ada, untuk bisa menanam pohon dan itu adalah salah satu usaha untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitar kita.

“Mari bersama kita manfaatkan setiap jengkal lahan di sekitar kita, seperti pekarangan rumah untuk menanam pohon, karena, hal itu dapat menambah ruang hijau dan melestarikan lingkungan yang nantinya akan berdampak bagi kita bersama,” ungkap M Andri.

Seusai pembagian bibit pohon Metoa, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon bersama di sekitar lokasi Eks MTQ Provinsi Sumut dan pekarangan masyarakat sekitar.