BINJAI,DLHBinjaiNews (22/02/2018) Polres Binjai bersama Pemko Binjai gelar apel Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019. Upacara berlangsung di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Mencirim, Kota Binjai. Kamis (21/2) pagi.

Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto,SH SIK MH langsung bertindak sebagai inspektur apel didampingi Wakapolres Binjai Kompol Hamdan SH,MH, Walikota Binjai H.M Idaham, SH, M.Hum dan Sekretaris Daerah Kota Binjai M. Mahfullah P. Daulay, S.STP, M.Si. Upacara diikuti ratusan personel kepolisian, SKPD, ASN Pemko Binjai, Camat dan Lurah se-Kota Binjai, Ibu-Ibu Bhayangkari, Pengurus Bank Sampah, LSM, dan perwakilan pelajar.

Dalam amanatnya Nugroho mengatakan adapun maksud dan tujuan pelaksanaan peringatan HPSN tahun 2019, yakni memupuk silaturahmi dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

“Kebersihan itu sebagian dari iman. Karena itu, bersama-sama kita jaga kebersihan. Dimulai dari diri dan tempat kita sendiri, selanjutnya kita laksanakan di tempat umum,” ujar Nugi.

Nugroho juga mengimbau untuk menerapkan budaya bersih. Salah satu cara membudayakannya, kata Nugroho, dengan cara saling peduli untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Apalagi bagi perokok, sudah kebiasaan buang sampahnya sembarangan. Jadi mulai sekarang coba hargai petugas kebersihan dan orang lain dengan cara membuang sampah pada tempatnya,” seru Nugroho

Nugroho juga memberikan contoh dengan menyebutkan budaya bersih yang diterapkan oleh masyarakat Jepang.

“Pada perhelatan Sea Game beberapa waktu lalu, meski mereka kalah tetapi mereka tetap memungut sampah. Itu bukti kalau budaya bersih di daerah mereka sudah berjalan,” ungkapnya.

Wali Kota Binjai HM Idaham, usai apel HPSN mengatakan, agar kiranya seluruh masyarakat peduli akan lingkungan, bersama-sama  menjaga kebersihan kota binjai ini.

“Kita sebagai orang binjai peduli dengan sampah, dengan membuang sampah pada tempat, membersihkan lingkungan masing-masing, ,” ujar Idaham.

Idaham juga berharap seluruh masyarakat melakukan pemilahan sampah rumah tangga, sampah organik dan non organik, memanafaatkan sampah menjadi bernilai ekonomis. Salah satunya dengan menyetor sampah non organik ke Bank Sampah yang tersebar di Kota Binjai.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai dr.T Amri Fadli, M.Kes, menjelaskan TPA Mencirim saat ini dalam Pemusnahan sampah menggunakan metode Sanitary Landfill, adapun Sanitary Landfill adalah membuang dan menumpuk sampah ke suatu lokasi yang cekung, memadatkan sampah tersebut kemudian menutupnya dengan tanah. Metode ini dapat menghilangkan polusi udara.

“Jadi setiap tumpukan sampah yang ketebalan atau ketinggiannya sudah mencapai satu sampai satu setengah meter, akan ditimbun tanah. Sehingga pembusukan sampah yang menimbulkan bau tidak menyebar, TPA berada dibawah pengawasan UPTD Pengolahan Sampah dan TPA DLH Kota Binjai dibawah kepemimpinan langsung Halomoan P Simangunsong, ST sehingga pelaksanaannya selalu dikontrol agar berjalan sesuai SOP ” jelasnya.

Sehari sebelum pelaksanaan Apel Gabungan Peringatan HPSN Tahun 2019, Pihak UPTD Pengolahan Sampah dan TPA DLH Kota Binjai, Sekretariat Kota dan Polsek Binjai Timur melaksanakan persiapan lokasi Apel dan hal lainnya yang dibutuhkan dalam kegiatan bersih bersih diacara HPSN tersebut.

Usai Apel, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan kerja bakti membersihkan dan mengumpulkan sampah dilakukan secara bersama-sama di beberapa titik lokasi TPA juga adanya pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin gratis kepada Pemulung yang berada di lingkungan TPA.

Petugas Kesehatan Tengah Memberikan Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan kepada Salah seorang Pemulung di kawasan TPA Mencirim.