BINJAI,DLHBinjaiNews (26/7/2018) Salah satu ikon Kota Binjai adalah Tugu Perjuangan 1945 yang menjadi perlambang pintu gerbang Kota Binjai menyambut kedatangan pengunjung dari luar kota, Tugu Perjuangan ’45 yang terletak di tengah pusat Kota Binjai ini menjadi saksi sejarah dari Kota Binjai ini. Tugu Perjuangan ’45 ini dibangun atas dasar sebagai bentuk penghormatan bagi para pejuang Indonesia yang berada di Binjai pada masa kemerdekaan dahulu. Tugu Perjuangan ’45 ini masih dijaga kebersihan dan perawatan tamannya sampai sekarang,oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai sehingga Tugu Perjuangan ’45 ini selalu terlihat bersih dan Indah.

Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2018, DLH Kota Binjai melalui Bidang Pengelolaan Kualitas Lingkungan melaksanakan pengecatan ulang Tugu Perjuangan 1945 untuk memperindah keberadaan bangunan bersejarah tersebut, Kamis (26/7)

Kepala Bidang Pengelolaan Kualitas Lingkungan Amas Mansyur Siregar, ST mengatakan Tugu Perjuangan 1945 ini merupakan bangunan bersejarah yang patut kita jaga sebagai pengingat para pahlawan dahulu yang telah berjuang untuk memperoleh kemerdekaan indonesia, tidak itu saja, Tugu Pahlawan juga dianggap sebagai Destinasi Wisata Kota Binjai, tentunya kita ingin agar Tugu Pahlawan ini dapat terlihat cantik dan indah sehingga wisatawan lokal maupun luar kota juga senang melihatnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai dr.Tengku Amri Fadli, M.Kes saat ditemui diruang kerjanya juga menyampaikan perawatan taman dan pengecatan ulang Tugu Pahlawan 1945 yang dilakukan oleh anggotanya merupakan salah satu tugas DLH Kota Binjai. meski demikian diharapkan Tugu Pahlawan 1945 ini harus senantiasa kita rawat bersama-sama, supaya kita tahu bagaimana perjuangan yang dilakukan oleh pejuang bangsa ini,” ujarnya..

Ia berharap seluruh masyarakat Kota Binjai bisa bahu-membahu dalam merawat monumen perjuangan ini. Sebab Tugu Pahlawan 1945  memiliki nilai historis sangat tinggi dalam sejarah perjuangan kemerdekaan di Kota Binjai – Langkat.