BINJAI,DLHBinjaiNews (21/08/2022) Sekitar ratusan personil gabungan dari BPBD, TNI-Pori, PMI, Karang Taruna, Tagana, DLH Kota Binjai, Satgas Kecamatan Binjai Selatan, Kelurahan Rambung Barat, Kelurahan Binjai Estate, Kepala Lingkungan dan masyarakat pada hari Minggu (21/8) pagi membersihkan lumpur dan sampah akibat bencana alam banjir yang menerjang 2 kelurahan di Kecamatan Binjai Selatan, yakni Kelurahan Rambung Barat dan Kelurahan Binjai Estate.

Dari pantauan, para personel gabungan terlihat  membersihkan material lumpur dan sampah yang menutup permukaan badan jalan dan sepanjang aliran sungai bangkatan. Pembersihan itu juga menjangkau perumahan warga yang terdampak banjir.

Hujan ekstrim yang turun sejak beberapa pekan terakhir menyebabkan debit air sungai mengalami peningkatan serta drainase, Aliran Sungai bangkatan yang mengitari disejumlah kawasan di wilayah Kecamatan Binjai Selatan khususnya Kelurahan Rambung Barat meluap kepermukaan jalan dan lingkungan masyarakat, alhasil Ratusan rumah warga terendam banjir.

Kepala Bidang Kebersihan dan Angkutan DLH Kota Binjai, Khairil Anhar, ST menyampaikan pihaknya menerjunkan  6 petugas lapangan dan 1 Unit Dump Truck untuk membantu pelaksanaan gotong royong tersebut. Sebelumnya, khairil mengatakan pada Jum’at lalu, ia nya telah berkoordinasi dengan Lurah Rambung Barat mengenai tugas nantinya yang dibutuhkan dari DLH dalam keterlibatan gotong royong ini.

Sementara itu, beberapa kendala yang menjadi tantangan bagi tim gabungan adalah masih berlangsungnya aliran sungai yang meluap di beberapa titik, begitupun juga kondisi akses jalan ke lingkungan pemukiman yang kecil sehingga kendaraan besar tidak dapat masuk seperti mobil operasional BPBD dan Dump truck DLH kota Binjai untuk mengangkut sampah hasil pembersihan gotong royong sehingga harus dilansir dititik yang lebih luas.