BINJAI,DLHBinjaiNews (28/10/2021) Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai, Drs. Afwan, Apt, MM mewakili Walikota Binjai, Drs. H. Amir Hamzah, M.AP menghadiri kegiatan “Parade Budaya” peringatan Hari Sumpah Pemuda pada Kamis, 28 Oktober 2021, yamg berlokasi di halaman sekolah SMP Negeri 14 Binjai, Jl. Petai No.1 Kelurahan Jati Utomo, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai.

Hadir pula dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai, Sri Ulina Ginting, para orangtua siswa dan tamu undangan lainnya.

Plt. Kepala DLH Kota Binjai, Drs.Afwan, Apt, MM mewakili Walikota Binjai, menyampaikan sangat mengapresiasi atas digelarnya Parade Budaya yang diselenggarakan SMP Negeri 14 Binjai. mengingat sudah lama kegiatan seperti ini tidak diselenggarakan hampir 2 tahun lamanya dikarenakan kegiatan belajar pendidikan menggunakan metode daring akibat dari pandemi covid-19.

” Kegiatan Parade Budaya seperti ini sangat baik sekali, apalagi sudah lama tidak diadakannya kegiatan seperti ini sejak pandemi covid-19 dimana kita terpaksa harus belajar daring demi menjaga keamanan dan kesehatan para siswa dan pengajar,dan dengan adanya pagelaran budaya ini tentu dapat menumbuhkan semangat kita semua, khusus nya para siswa, semakin menumbuhkanbudaya bangsa, dan rasa cinta tanah air sekaligus juga sebagai pemulihan mental peserta didik setelah 2 tahun lamanya belajar daring dari rumah” terang Afwan.

Dalam kegiatan pagelaran Parade Budaya ini, terlihat seluruh guru dan siswa mengunakan baju adat sesuai sukunya. Para guru juga memperkenalkan pakaian yang dikenakan dengan bahasa daerahnya masing-masing.

Kepala SMP Negeri 14 Binjai, Edi Salim Chaniago mengatakan Parade Budaya dilaksanakan dalam rangka rasa cinta tanah air Indonesia sekaligus peringatan hari puncak bulan bahasa.

“Acara didedikasikan untuk siswa, ini merupakan rangkaian satu usaha kami menumbuhkan kembali semangat belajar para siswa,” ucapnya.

Lebih lanjut, Edi Salim mengatakan parade budaya juga memberikan kesempatan kepada para siswa untuk tampil didepan panggung sekaligus menempah mental kepribadiannya. “Bergembiralah, berkreativitaslah ini panggung kalian,” katanya.

Salah satu mata acara Parade Budaya, menampilkan Pagelaran Musik Tradisional Angklung

Dalam kesempatan itu juga, Kepala Dinas Pendidikan Binjai, Sri Ulina Ginting dalam sambutannya mengatakan SMP Negeri 14 Binjai merupakan salah satu SMP yang banyak prestasi.

“Salah satu prestasinya menjuarai lompa membuat poster dan pernah juara satu lomba olimpiade olahraga sains nasional tingkat Kota Binjai dan masih banyak lagi,” ucapnya.

Sri Ulina mengajak para siswa bisa mengharumkan dan memperkenalkan kota Binjai di kancah nasional bahkan internasional dengan prestasi dan budaya.

“Semoga dengan kegiatan ini menimbuhkan semangat kita, terus berkreativitas anak-anak SMP 14 Binjai kembangkan bakat dan berinovasilah,” pungkasnya.

Adapun pada pagelaran Parade Budaya tersebut diisi dengan berbagai mata acara diantaranya Parodi Kebhinekaan Profesi, Demontrasi Gunung Meletus, Vokal Solo, Teater, Berbalas Pantun, Tari Tradisional, Pidato, Puisi hingga Bazar Kuliner Nusantara.

sumber : DLH Kota Binjai dan Metro-online.co