BINJAI,DLHBinjaiNews (2/10/2019) Kepala Bidang Pengelolaan Kualitas Lingkungan (PKL) Halomoan P Simangunsong, ST mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai dr. Tengku Amri Fadli, M.Kes mengatakan bahwa pihaknya menemukan banyak pohon penghijauan milik Pemerintah Kota Binjai yang dirawat oleh DLH Kota Binjai dalam kondisi mati ataupun rusak. Hal ini diketahui berdasarkan pantauan dari Kasi Penghijauan Hebrin S Sinulingga dilapangan, banyak pohon penghijauan di dalam Kota Binjai sengaja diracun oknum tidak bertanggung jawab hingga mati dan batangnya keropos.”

Pohon milik Pemerintah Kota yang tersebar hampir diseluruh Kota Binjai yang peruntukkannya untuk penghijauan serta memenuhi kebutuhan oksigen bagi makhluk hidup terutama manusia.malah dimatikan secara sengaja dengan cara diracun atau dikuliti.Tentunya ini bukan tindakan terpuji dan sangat disayangkan” ujar Mangunsong, Selasa (1/10/2019). Hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui identitas oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. Namun, ia sangat kecewa atas kejadian yang menimpa pohon-pohon penghijauan di kota binjai. Seyogyanya pohon penghijauan sengaja ditanam untuk keindahan dan keasrian kota.

Ia melanjutkan, pelaku beraksi dengan mengupas kulit pohon. Setelah itu disiram dengan racun ataupun bahan bakar. Hal itu membuat pohon kemudian perlahan mati dan keropos. “Inilah yang kami temukan di lapangan dan kami berupaya secara bertahap melakukan pemotongan terhadap pohon tersebut agar tidak roboh hingga memakan korban, namun dikarenakan jumlah pohon yang mati cukup banyak dan armada kami yang sangat terbatas sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kami menyelesaikannya” ungkap Mangunsong. Mangunsong menghimbau kepada masyarakat untuk turut serta merawat pohon penghijauan tersebut, karena pohon merupakan salah satu sumber kehidupan. “Jika memang ada masyarakat merasa membutuhkan bantuan atau merasa terancam dengan keberadaan pohon penghijauan, silahkan untuk melaporkannya kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai dan kita akan cari solusi seperti apa, tidak perlu sampai harus melakukan aksi dengan sengaja menebang, merusak atau meracuni pohon hingga menyebabkan pohon mati, ada undang-undang yang mengatur tentang pohon penghijauan tersebut, ” terang Mangunsong. Penghijauan merupakan suatu upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan efektivitas lahan agar dapat berfungsi dengan baik dan secara optimal. Sebagai pengatur tata air untuk mencegah banjir maupun untuk melindungi lingkungan yaitu mencegah timbulnya pencemaran udara. (RAM-DLH)