BINJAI,DLHBinjaiNews (14/7/2018) Sejumlah Pohon Penghijauan di Binjai milik Pemerintah Kota Binjai dikuliti orang yang tidak bertanggung jawab akan diobservasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, jika pohon tidak mampu untuk tumbuh, maka DLH Kota Binjai akan mengganti pohon yang dikuliti tersebut dengan bibit pohon baru.

“Untuk saat ini kita observasi dulu pertumbuhan pohon yang dikuliti. Seumpama nanti pertumbuhannya terhenti terpaksa harus diganti,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Kualitas Lingkungan Amas Mansyur Siregar, ST. Jum’at (13/7).

Namun meski bisa tumbuh, lanjut Amas, batang pohon yang dikuliti dikhawatirkan tak mampu menahan pertumbuhan pohon yang besar di atasnya. “Ketika sudah tumbuh besar lalu tidak kuat menahan maka pohon akan tumbang,” jelas Amas.

Pengrusakan pohon tersebut awalnya diketahui dari petugas Pranata Taman Hebrin S. Sinulingga, ST pada Jum’at (13/7) pagi saat bertugas bersama tim pemangkasan pohon di Jl.A.R Hakim, Kecamatan Binjai Utara. Dari laporannya¬†kejadian pohon yang dikuliti itu belum lama terjadi, dilihat dari serpihan kulit pohon yang masih lembab dan berserakan didekat pohon tersebut, untuk lebih memastikan, Hebrin juga telah menanyakan kepada salah satu warga yang bertempat tinggal dekat dengan lokasi pohon itu, dari keterangan warga diketahui, pohon yang dikuliti itu terjadi pada rabu (11/7) dan warga tersebut tidak mengetahui siapa yang melakukannya.

Kendati demikian, Amas mengharapkan kesadaran menjaga seluruh  tanaman yang berada diruang terbuka hijau, agar terwujudnya Kota Binjai yang bersih dan hijau, karena manfaat pohon penghijauan itu sangat banyak untuk kita semua. Kepedulian kita untuk kelangsungan kehidupan bumi yang lebih baik. dan bagi pengguna jalan yang melintasi pohon tersebut untuk lebih berhati-hati.