JAKARTA.DLHBinjaiNews (18/10/2019) Direktur Operasional BUMD Provinsi Sumatera Utara PT. Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (Perseroda) Eko Sujatmoko, ST bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai dr.Tengku Amri Fadli, M.Kes didampingi Kasubbag Umum dan Kepegawaian Raja Ahmad Muhajjier melakukan kunjungan ke PT. Jakarta Propertindo (Perseroda) di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Kunjungan kerja tersebut diterima oleh Direktur Pengembangan Bisnis M. Hanief Arie Setianto dan Expert Staff SBU ITF Dpl-Ing. Faisol Thalib di ruang Rapat PT. Jakarta Propertindo.

Eko mengatakan bahwa kunjungan kerja ini dalam rangka konsultasi dan mempelajari terkait kerjasama Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Binjai dengan perusahaan pengelolaan sampah.

“Maksud kedatangan kami dalam rangka study banding terkait bentuk kerjasama pemerintah daerah dengan perusahaan asing pengelolaan sampah, khususnya dalam syarat, sistem kerjasama, sistem pengelolaan persampahan serta persiapan yang dibutuhkan, ujarnya.

SHARING DAN TANYA JAWAB ANTARA BUMD PROVSU PT.PPSU (PERSERODA), DLH KOTA BINJAI DAN BUMD DKI JAKARTA PT.JAKARTA PROPERTINDO (PERSERODA) TERKAIT SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH

Eko menambahkan, Dia memilih Pemprov DKI sebagai tempat studi terkait kerjasama pengelolaan persampahan berdasarkan informasi yang ada, DKI Jakarta telah memiliki  sistem pengelolaan sampah dalam kota atau intermediate treatment facility (ITF) Tempat Pengolahan Sampah di Sunter yang mampu mengolah 2.200 ton sampah juga penghasil tenaga listrik dari sampah. Teknologi yang dipergunakan pada sistem ITF ini juga dianggap lebih ramah lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut, Eko dan dr. Tengku Amri Fadli, M.Kes mengemukakan paparan rencana kerjasama terkait Pengelolaan Persampahan dengan Perusahaan Asing asal Korea, HGNS Inc kepada M. Hanief Arie Setianto . Acara dilanjutkan dengan tanya-jawab atau ‘sharing” tentang sistem pengelolaan persampahan yang saat ini dilaksanakan melalui BUMD dan Pemerintah Daerah.