BINJAI,DLHBinjaiNews (15/9/2018) Sekitar lebih kurang 100 orang dari berbagai komunitas dan relawan di Kota Binjai mengambil bagian untuk turut serta dalam aksi World CleanUp Day (WCD) Tahun 2018 yang dilaksanakan secara serentak diseluruh dunia. Adapun titik lokasi kegiatan tersebut di Kota Binjai mengambil tempat yaitu Terminal Binjai, Stasiun Kereta Api Binjai Jl. Paus, Taman Makam Pahlawan Syuhada Jl. Pahlawan, Binjai dan Bagian Wilayah Binjai Selatan  (Sabtu,15/9/2018).

Adapun organisasi dan komunitas yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Gotong Royong Kebersihan Dunia ini antara lain Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, Pramuka Saka Kalpataru Kwarcab Kota Binjai, Pramuka MAN Binjai, Bank Sampah Kepompong, Bank Sampah Wijaya Kesuma, Bank Sampah Satu Hati, Bank Sampah Subur Maju, dan Suzuya Departement Store.

Inisiator kegiatan WCD tahun 2018 Kepala UPT. Pengelolaan Persampahan dan TPA DLH Kota Binjai, mengatakan kegiatan WCD Tahun 2018 untuk Kota Binjai merupakan pertama kalinya diadakan dan dilaksanakan secara sukarela dengan bantuan rekan-rekan Komunitas yang ada di Kota Binjai dengan tujuan untuk memerangi masalah persampahan dan diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran manusia akan isu sampah yang sudah menjadi isu kritis, tidak saja di negara indonesia namun diseluruh dunia.

Suzuya Departement Store Cabang Binjai Gelar Aksi Gotong Royong WCD 2018 di Taman Makan Pahlawan Syuhada

Ditempat yang sama Kepala Bidang Kebersihan dan Angkutan DLH Kota Binjai Muhammad Alhuda,S.STP dan Waka Bidang Lingkungan Hidup Kwarcab Binjai Mahrujar, SE juga menyampaikan hal serupa, “kami ingin mengajak masyarakat agar lebih peduli dengan sampah, karena bahaya sampah itu sangat besar dan mengganggu kesehatan. Selain itu, kami berharap masyarakat juga bisa melakukan bersih-bersih diluar kegiatan ini sebagai suatu kegiatan rutin sehari-hari, ujar Huda.

“Bersih itu adalah kebutuhan, kita setiap hari terus membersihkan diri tetapi Lingkungan pun harus  kita bersihkan setiap hari.  Yuk, sama-sama perangi sampah dengan baik dan tingkatkan rasa kenyamanan dan keamanan lingkungan,” ajak Mahrujar menambahkan.