BINJAI,DLHBinjaiNews  (17/10/2020) Jelang Pemilihan Kepala Daerah (2020) Kota Binjai berbagai upaya dilakukan untuk memberi pemahaman kepada para calon pemilih. Seperti KPU Kota Binjai bersama Relawan Demokrasi (Relasi) didampingi Riki, Mandor TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Mencirim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai turun langsung ke TPA untuk sosialisasi, Sabtu (17/20)

Sosialisasi kepada pemulung sangat perlukan, agar calon pemilih tahu tahapan Pilkada dan menggunakan hak pilihnya. Sosialisasi Pilkada dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dimana seluruh Relasi menggunakan masker , dan menjaga jarak saat memberikan sosialisasi kepada masyarakat.  Melalui ceramah dan tanya jawab. Kebanyakan para pemulung belum tahu tentang tahapan Pilkada. Bahkan sebagian menyatakan belum tahu nama calon Walikota dan Wakil Walikota. Meski TPA cukup panas dengan aroma sampah, namun tak menyulutkan mereka memahamkan para calon pemilih.

Salah satu anggota Relawan Demokrasi Zul Fadly menyampaikan kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memberikan hak suara, memberikan informasi kepada semua lapisan masyarakat tentang tanggal pelaksanaan Pilkada, serta mengingatkan warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari maupun nanti saat datang ke TPS, harus menggunakan masker, dan menjaga jarak.

Apalagi di situasi masa pendemi Covid-19 seperti sekarang ini , tentunya pelaksanaan Pilkada tahun 2020 akan sangat berbeda dari pelaksanaan Pilkada sebelumnya, sudah menjadi tugas KPU dan Relawan Demokrasi memberikan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam seluruh rangkaian tahapan Pilkada.

“Mereka (Pemulung) juga memiliki hak pilih, dengan kedatangan kesini (Sosialisasi) mereka nantinya tidak golput, andil dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat lainnya, nantinya partisipasi masyarakat dalam memilih meningkat,”sebutnya.

KPU Kota Binjai dan Relawan dalam kesempatan tersebut turut membagikan masker, merchandise serta nasi bungkus kepada para Pemulung di TPA Mencirim.