DLHBinjaiNews (16/6/2018) Kesadaran  jamaah Sholat Idul Fitri untuk membuang sampah pada tempatnya masih sangat kurang. Padahal dihari yang suci tersebut, bukan hanya hati bersih yang dituntut, menjaga kebersihan lingkungan terlebih tempat ibadah perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat dari banyaknya sampah koran bekas yang berserakan usai digelarnya Sholat Idul Fitri.

Sampah koran bekas tersebut merupakan bekas digunakan jamaah sebagai alas sholat atau pelapis sajadah. Namun sangat disayangkan, usai ibadah, koran-koran bekas tersebut justru ditinggalkan begitu saja sehingga memenuhi seluruh sudut lapangan merdeka kota binjai,diperkirakan jumlah sampah koran bekas yang timbul dilapangan merdeka ini meningkat dibandingkan tahun lalu.

Sejumlah satuan petugas (satgas) kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai dengan sigap membersihkan sampah yang berserakan di lapangan merdeka kota binjai. Dengan menggunakan peralatan kebersihan seperti sapu dan serokan, petugas kebersihan menyisir dalam lapangan hingga jalan diseputaran lapangan merdeka. Petugas dibagi ke sejumlah sudut lapangan.

“lebih kurang 15 orang petugas kebersihan yang diturunkan untuk membersihkan lapangan merdeka kota binjai. Sampah yang mendominasi adalah koran bekas,” kata Danny salah satu koordinator petugas kebersihan. Jum’at (15/06/2018).

Danny mengatakan, setiap tahunnya  sampah-sampah seperti ini selalu ada seusai pelaksanaan sholat idul fitri. Seluruh petugas memang telah dipersiapkan untuk bertugas setiap harinya pada momen lebaran untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota binjai meski petugas kebersihan tidak dapat turut merayakan lebaran sebagaimana umat islam lainnya demi tugas dan tanggung jawab agar masyarakat kota binjai dapat terus merasakan kenyamanan selama merayakan lebaran di kota binjai.