BINJAI,DLHBinjaiNews (25/8/2019) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai mengolah sampah organik rumah tangga dari warga menjadi pupuk kompos untuk dibagikan kepada masyarakat.

“Hingga saat ini pengelolaan sampah organik rumah tangga dibuat kompos sudah dilakukan di TPA, dan sampah organiknya sebagai bahan dasar pembuatan pupuk kompos kita ambil langsung dari rumah warga di beberapa lingkungan perumahan sekitar kawasan TPA” kata Kepala UPT.Pengelolaan Sampah dan TPA Debby Lestari,SE, Jum’at (23/8).

Dia mengatakan sejumlah tenaga baik dari instansinya serta memberdayakan pemulung yang berada dikawasan TPA telah diberikan tugas untuk mengoperasikan mesin pencacah sampah organik maupun secara manual dalam pembuatan pupuk kompos.

Dia juga menjelaskan pupuk kompos yang telah siap pakai dan dikemas kemudian dibagikan kepada kelompok masyarakat seperti bank sampah atau pun warga yang membutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tanaman maupun pohon yang berada di lingkungan sekitar mereka. “Tapi harus mengajukan terlebih dulu dengan sepengetahuan DLH Kota Binjai supaya pemanfaatannya jelas dan terpantau dan selama persediaan masih ada setiap harinya,” katanya