BINJAI,DLHBinjaiNews (24/8/2019) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai melalui Bidang Pengelolaan Kualitas Lingkungan menerima kunjungan audiensi dari perwakilan beberapa sekolah peraih adiwiyata nasional di kota binjai terkait pengusulan Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Adapun Sekolah Adiwiyata Nasional Kota Binjai yang berencana untuk maju ke Adiwiyata Mandiri diantaranya adalah SD Negeri  028067 dibawah pimpinan Nurhalimah, SPd,  SD Negeri 025281 dibawah pimpinan Dahnia SPd, dan SD Negeri  026602 Netty Ginting SPd.

“Untuk menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri, Syaratnya sekolah tersebut harus mendapat gelar Adiwiyata Nasional. Selanjutnya sekolah tersebut harus membuat kerjasama / MoU dengan mitra binaan sejumlah minimal 3 sekolah mitra binaan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan”, kata Kepala Bidang Pengelolaan Kualitas Lingkungan Halomoan P Simangunsong, ST didampingi Kasi Kualitas Lingkungan Fauziah Afsa, S.Si, MM, Kamis (22/8). Fauziah Afsa menjelaskan ada  4 Komponen utama yang harus dikembangkan oleh Sekolah Adiwiyata yaitu Kebijakan berbasis lingkungan, Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif ( melibatkan seluruh warga sekolah utamanya para siswa), Pembelajaran tentang Lingkungan Hidup ( Kurikulum berbasis Lingkungan ) serta Sarana dan Prasarana Pengelolaan lingkungan.

Keempat komponen tesebut harus dilanjutkan dalam pengelolaan / kehidupan sekolah sehari-hari berdampak prinsip – prinsip ramah lingkungan.

Dalam kesempatan itu juga, Mangunsong sangat mengapresiasi keinginan Sekolah Peraih Adiwiyata Nasional yang antusias berkeinginan untuk maju menuju Adiwiyata Mandiri dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai akan siap membimbing dalam persiapan yang dilakukan Sekolah Adiwiyata Nasional tersebut. Tujuannya agar sekolah lebih semangat dan giat dalam mengelola lingkungan sekolah baik dalam belajar mengajar maupun dalam aktivitas sehari-hari. “selanjutnya kita akan menunggu surat masuk dari Dinas Lingkungan Hidup Pemprovsu mengenai permintaan data calon Sekolah Adiwiyata Nasional dari Kota Binjai yang akan maju mengikuti Adiwiyata Mandiri” ujar Mangunsong.