BINJAI,DLHBinjaiNews (25/10/2019) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai melalui UPT. Pengelolaan Sampah dan TPA kembali melakukan sosialisasi Bank Sampah sekaligus memperkenalkan Bank Sampah Rambutan Jaya Binaan DLH Kota Binjai yang baru saja terbentuk , kali ini sosialisasi dilaksanakan bersama Kelompok Pengajian Ibu-Ibu Nurul Hikmah, Lingkungan 10 Kelurahan Binjai Estate Kecamatan Binjai Selatan di salah satu Mesjid Jl. Rambutan, Kamis (24/10/2019).

Kegiatan sosialisasi bank sampah ini adalah merupakan program dari DLH Kota Binjai yang terus melakukan sosialisasi ke berbagai elemen masyarakat.

Dalam paparannya, Fasilitator Pengelolaan Sampah Abdel Roufman, menjelaskan tentang apa fungsi dan manfaatnya bank sampah bagi masyarakat. Bank sampah merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Pemilahan sampah dilakukan berdasarkan jenisnya yaitu sampah organik meliputi sampah sisa-sisa makanan, daun dan lain-lain sedangkan sampah anorganik meliputi logam, plastik, kaleng, kaca dan lain-lain, namun Bank Sampah pada umumnya hanya menerima sampah anorganik saja karena dapat diolah kembali menjadi barang yang dapat dijual kembali.

“Tujuan dari bank sampah ini sebagai salah satu momentum awal membina kesadaran kolektif masyarakat untuk mulai memilah, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah guna membangun lingkungan yang lebih baik sekaligus membangun ekonomi”, jelas Abdel.

Abdel juga menghimbau kepada Ibu-Ibu pengajian hendaknya dapat menggunakan gelas air minum yang dapat dipergunakan berulang kali sebagai pengganti dari penggunaan air mineral kemasan plastik pada setiap pelaksanaan kegiatan maupun pertemuan rutin untuk mengurangi sampah plastik.

Kamis, 24 Oktober 2019

Sosialisasi Bank Sampah di Pengajian Ibu-Ibu Nurul Hikmah, Jln Rambutan Lk,.10 Kelurahan Binjai Estate, Kecamatan Binjai Selatan

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bank Sampah Rambutan Jaya Kelurahan Binjai Estate, Ateng juga menyampaikan di Bank Sampah Rambutan Jaya bisa mengkreasikan barang bekas dari sampah yang disetor masyarakat menjadi produk daur ulang sehingga nantinya mempunyai nilau jual yang tinggi.

Penerapan sistem Bank Sampah  adalah upaya untuk membenahi dan memperbaiki sistem pengelolaan sampah yang dilakukan bersama warga.

Kelompok Pengajian Ibu-Ibu sangat antusias pada acara ini , hal tersebut dapat dilihat saat sesi tanya jawab ibu-ibu pengajian banyak yang bertanya. Semoga dengan adanya Sosialisasi ini masyarakat Kelurahan Binjai Estate dapat sadar akan menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan dengan adanya program Bank Sampah dapat mengurangi pencemaran lingkungan.