BINJAI,DLHBinjaiNews (28/5/2018) Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi nyata untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor 84 Tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai melalui Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan melaksanakan Sosialisasi dan Rencana Program Kampung Iklim (ProKlim) Tahun 2018 di Aula Kantor Kelurahan Binjai Estate, Jln Merapi, Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai, Senin (28/5). Kegiatan yang dibuka oleh  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai dr.Tengku Amri Fadli, M.Kes diwakili Sekretaris DLH Kota Binjai Hj. Suriani S.Sos didampingi Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Mahyar Nafiah, SST. M.Si dan Lurah Binjai Estate Nur Junidah Mtd.

Dalam rangka persiapan pembentukan Kampung Iklim pada tahun 2018 ini DLH Kota Binjai mengusung 1 Kelurahan yaitu Kelurahan Binjai Estate untuk diproyeksikan sebagai kampung percontohan Kelurahan peduli lingkungan dan tangguh menghadapi dampak perubahan iklim.

Lebih lanjut point-point penjabaran tentang program kampung iklim disampaikan oleh Pemateri, yaitu Tengku Dianingrum, ST dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara menjelaskan secara umum tentang pengertian umum dan pengenalan program Kampung Iklim, salah satunya adalah mengenai Upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di lokasi ProKlim meliputi pengendalian kekeringan, banjir, dan longsor; peningkatan ketahanan pangan; pengendalian penyakit terkait iklim; penanganan atau antisipasi kenaikan muka laut, rob, intrusi air laut, abrasi, ablasi atau erosi akibat angin, gelombang tinggi. pengelolaan sampah,limbah padat dan cair; pengolahan dan pemanfaatan air limbah; penggunaan energi baru terbarukan, konservasi dan penghematan energi; budidaya pertanian; peningkatan tutupan vegetasi; dan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Tujuan diadakannya Sosialisasi dan Rencana Program Kampung Iklim pada masyarakat Kelurahan Binjai Estate Kecamatan Binjai Selatan yaitu memberikan pengertian tentang aksi Mitigasi Dan Adaptasi perubahan iklim dan kegiatan-kegiatan mitigasi dan adaptasi sehingga mendorong partisipasi aktif masyarakat untuk melaksanakan aksi lokal guna meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi GRK ( Gas Rumah Kaca ). Permasalahan Perubahan Iklim ini merupakan ancaman serius dalam skala internasional, termasuk Indonesia, untuk itu kerjasama dan kepedulian Pemerintah dan masyarakat dalam bentuk aksi nyata sangat dibutuhkan untuk membantu melawan tekanan akibat perubahan iklim serta meningkatkan kualitas pembangunan di Indonesia khususnya Kota Binjai yang lebih bersih, lebih hijau, dan berkelanjutan untuk generasi mendatang.