BINJAI,DLHBinjaiNews (13/07/2022) Ketua I Bidang Pembentukan Karakter Keluarga TP. PKK Kota Binjai Winda Widya Rizky Yunanda Sitepu., melaksanakan pembinaan kelurahan pelaksana terbaik Pola Asuh Anak Remaja (PAAR) Tk. Kota Binjai Tahun 2022 kepada Kader PKK, masyarakat dan Remaja Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota, Selasa, (12/07/2022).

Dalam pembinaan yang dilakukan di lingkungan warga yang berlokasi tidak jauh dari kantor lurah Setia, Pokja I TP.PKK Kota Binjai pada kali ini  bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai memberikan sosialisasi dan pelatihan pembuatan ecobrick

Pengawas Lingkungan Hidup Ahli Muda, Debby Lestari, SE dihadapan kader PKK dan Remaja menjelaskan bahwa cobricks adalah pengolahan sampah plastik menjadi material ramah lingkungan. Ini merupakan upaya untuk mengurangi menumpuknya sampah plastik. Material ramah lingkungan tersebut dibuat dengan memasukkan dan memadatkan sampah plastik yang sudah bersih dan kering ke dalam botol plastik bekas serta menggunakan tongkat kecil untuk memadatkan sampah plastik ke botol tersebut.Ecobrick adalah bata yang ramah lingkungan.Ecobrick dibuat dengan cara memasukan plastik-plastik bekas kedalam botol bekas hingga padat dan botol menjadi keras. Ecobricks merupakan solusi dengan energi yang rendah dan pemanfaatan sampah plastik yang tidak berguna lagi, karena sampah plastik akan membutuhkan waktu ribuan tahun untuk terurai, Adapun Ecobrick Standart berat umum untuk kemasan botol plastik 600 ml adalah 200 gram.

Untuk membuatnya diperlukan bahan-bahan dan alat, yakni botol plastik, sampah plastik halus seperti kantong kresek, sampah plastik kasar seperti kemasan makanan, minyak tanah, dsb, sebuah gunting, dan stik bambu/kayu ukuran . Berikut cara pembuatannya:

  1. Mencuci sampah-sampah dari sisa-sisa makanan/minuman, minyak, dan sabun kemudian dikeringkan.
  2. Sampah plastik halus dipotong kecil menggunakan gunting
  3. Masukkan sampah tersebut ke botol plastik
  4. Dorong dan padatkan menggunakan stik bambu/kayu yang sudah disediakan
  5. Lakukan hal yang sama dengan menggunakan sampah plastik kasar hingga botol plastik penuh

Terdapat 3 Produk Ecobrick  siap jadi sebagai contoh produk yang dipamerkan dalam acara tersebut, antara lain bangku, meja dan satu lagi dimanfaatkan sebagai pagar tanaman.

Ketua I Bidang Pembentukan Karakter Keluarga TP. PKK Kota Binjai, Winda Widya Rizky Yunanda Sitepu menyampaikan pembinaan yang dilakukan pada hari ini  bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah. Yaitu dengan memanfaatkan sampah-sampah yang tidak terurai menjadi barang yang berguna seperti eco-brick ini. “Mudah-mudahan anak-anak remaja sekalian bisa menerapkan apa yang diajarkan hari ini dan memanfaatkannya dengan baik,” ucapnya. Ia pun mengajak seluruh peserta yang hadir untuk aktif dalam membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud kecintaan pada tanah air.

Turut hadir dalam kegiatan pembinaan ini Ketua Pokja I TP. PKK Kota Binjai Hj. Kamsinah br. Tarigan, Ketua PKK Kelurahan Setia Rahmah, Ketua PKK Kecamatan Binjai Kota Nida Sakina, Lurah Kelurahan Setia Hadi Kusuma, Kabid Pengelola Kualitas Lingkungan DLH Kota Binjai, Puji Asti Purnamasari Ren, ST, para kepala lingkungan di Kelurahan Setia, para kader PAAR, serta para remaja se-Kelurahan Setia.