BINJAI,DLHBInjaiNews (16/07/2022) Pemerintah Kota Binjai menerima kunjungan kerja skala kawasan dari Tim Kementerian PU & Perumahan Rakyat yang terdiri Project Implementation Unit (PIU), Konsuttan Manajemen Pusat (KMP) dan Balai Sarana Prasarana Permukiman Wilayah Sumut yang diterima oleh Pokja PKP Kota Binjai diantaranya Kepala Bappeda Kota Binjai, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Binjai, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Binjai, Kepala Dinas Pariwisata Kota Binjai serta OPD terkait lainnya. Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat kondisi terkini Ruang Terbuka Publik Kawasan Kartini-Setia hasil program Kotaku Tanpa Kumuh yang rampung pada tahun lalu serta peninjauan rencana lokasi pembangunan TPS3R di Kelurahan Sumber Mulyo Rejo.

Dari pantauan anggota Tim KMP, Pramuji Widodo saat Monitoring dan Evaluasi di Skala Kawasan RTP Kartini-Setia terlihat beberapa infrastruktur fisik mengalami kerusakan, terlihat adanya lampu taman yang pecah, dinding pagar pembatas yang retak serta paving blok RTP yang rusak yang diketahui akibat masuknya kendaraan roda dua maupun roda empat yang lalu lalang masuk kedalam skala kawasan. Ia mengatakan bahwa jalur akses paving blok Ruang Terbuka Publik hanya diperuntukkan untuk pejalan kaki, bukan untuk jalan kendaraan bermotor.

Tidak hanya itu saja, masih terdapat hal-hal lain yang masih menjadi perhatian, seperti menyepakati aturan bersama, semisal membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan secara rutin, aturan kendaraan keluar masuk kawasan dan lain-lain. Diharapkan pula penguatan kepada kelompok pemanfaat dan pemelihara (KPP) prasarana dan sarana umum (PSU) melalui pelatihan dan pendanaan. Selain itu, perlu dikembangkan livelihood masyarakat dengan mengoptimalkan potensi yang ada, seperti pusat jajan serba ada, lahan parkir dan penyewaan tempat.

Tim Kementerian PUPR didampingi OPD terkait tinjau lokasi rencana pembangunan TPS3R di kelurahan Sumber Mulyo Rejo

Jadwalnya serah terima dari Kementerian PUPR kepada Pemerintah Kota Binjai berupa aset Ruang Terbuka Publik Skala Kawasan Kartini-Setia ini akan dilakukan pada bulan desember mendatang, namun sebelumnya kementerian PUPR akan memperbaiki terlebih dahulu beberapa kerusakan fisik di Skala Kawasan tersebut.

Usai peninjauan di Skala Kawasan RTP Kartini-Setia, kegiatan dilanjutkan ke wilayah Kelurahan Sumber Mulyo Rejo terkait persiapan sekaligus penyiapan lahan atas rencana pembangunan Tempat Pengolahan Sampah 3 R (TPS3R), kemudian dilanjutkan Makan Siang Bersama dan rapat pembahasan di Aula Kantor Bappeda Kota Binjai