BINJAI,DLHBinjaiNews (14/7/2018) Walikota Binjai H.M Idaham, SH, M.Si yang di wakili Sekdako Binjai M.Mahfullah P.Daulay, S.STP, MAP menerima kunjungan Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Terbaik Provinsi Sumatera Utara, Kamis (12/7) di lapangan Kelurahan Sumber Mulyo Rejo, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai. Kunjungan Tim diketuai Pj.Ketua PKK Provinsi Sumut, Iit Kartika Eko Subowo dalam rangka penilaian Kelurahan Sumber Mulyo Rejo yang masuk sebagai finalis mewakili Kota Binjai dalam Perlombaan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018.

Dalam sambutannya, Sekdako Binjai  mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai dan berharap tim dapat memberikan masukan sehingga Kelurahan Sumber Mulyo Rejo menjadi Juara I Kelurahan terbaik di Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018,

Dijelaskannya Pemrintah Kota Binjai mengambil kebijakan, 2021 Kota Binjai sudah menjadi kota cerdas, dalam artian masyarakat telah mampu ikut berpartisipasi dalam pembangunan kota.

Untuk  pelaksanaan berjalannya seluruh program kerja, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan seluruh OPD terkait terus aktif untuk membantu dengan segala bentuk dukungan, begitu juga Program PKK yang selalu dimasukkan ke dalam APBD.

Ketua Tim Penilai Iit Kartika Eko Subowo dalam kunjungan tersebut menyampaikan penilaian lomba desa dan kelurahan terbaik lebih menekankan demi kemajuan di bidang pemerintahan desa/kelurahan. Dijadikan prioritas karena terkait nawacita menghadirkan kembali negara untuk melindungi masyarakat.

Penyelenggaraan pemerintah desa/kelurahan akan kuat apabila di dukung seluruh masyarakat dan seluruh rekan baik instansi maupun swasta. PKK adalah salah satu lembaga kemasyarakatan yang telah diakui. PKK bertugas membantu pemerintah dalam mewujudkan visi dan misi daerah. Kesejahteraan keluarga merupakan tujuan utama PKK, unit terkecil yang akan berpengaruh besar terhadap pemerintah, dari keluarga sehat akan lahir generasi berkualitas.

“Kesempatan ini saya mengimbau agar keluarga senantiasa tanggap terhadap aspirasi masyarakat, demokratis, dan sesuai kebutuhan masyarakat,” pesan Iit.

Lurah Sumber Mulyo Rejo, Ariandi Ayun,S.STP memberikan pemaparan terkait produk unggulan, serta inovasi telah berjalan di kelurahan tersebut, dan seluruh program PKK yang telah dilaksanakan. Di akhir kunjungan, tim penilai meninjau langsung seluruh pemaparan yang telah dijelaskan Lurah Sumber Mulyo Rejo, diantaranya Bank Sampah Satu Hati, dimana Bank Sampah menjadi salah satu inovasi Pemerintah Kota Binjai dalam hal menciptakan kota yang  bersih dan sehat.Sejak dibentuk, paritisipasi warga dalam menjadikan kota bersih melalui bank sampah terus meningkat dan tentunya meningkatkan perekonomian warga dari sampah yang disetorkan ke Bank Sampah.