BINJAI,DLHBinjaiNews (28/11/2019) Tim Adiwiyata Provinsi Sumatera Utara didampingi Tim Adiwiyata Kota Binjai melakukan verifikasi lapangan terhadap calon sekolah adiwiyata mandiri tahun 2019 di kota binjai yaitu SD Negeri 028067 Kelurahan Cengkeh Turi, Binjai Utara.

Kunjungan tim ini adalah untuk mengecek kesesuaian dokumen sekolah Adiwiyata yang diusulkan Kota Binjai dengan realita di lapangan. Adapun empat komponen yang dinilai yaitu kebijakan sekolah yang memiliki wawasan lingkungan hidup, kurikulum yang berbasis lingkungan hidup, pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan, serta Gerakan Peduli dan berbudaya lingkungan di sekolah.

Tim kemudian melihat langsung pengelolaan lingkungan sekolah, diantaranya pengembangan tanaman hidroponik, pemanfaatan pekarangan sekolah, pengelolaan sampah dan pemanfaatannya serta diskusi dengan guru dan siswa terkait kegiatan lingkungan hidup di SD Negeri 028067 Binjai Utara yang dipimpin Nurhalimah, S.Pd selaku Kepala Sekolah.

Kepala Bidang Pengelolaan Kualitas Lingkungan Hidup DLH Kota Binjai didampingi Kasi Kualitas Lingkungan Fauziah Afsa,S.Si,MM dan Kasi Pengelolaan Lingkungan Reniaty Sitanggang, ST.mengatakan bahwa SD Negeri 028067 merupakan satu-satunya perwakilan Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri  dari Kota Binjai dan visitisasi yang dilakukan hari ini untuk memastikan kesiapan CSAM tahun 2019.

“Sekolah Adiwiyata diwajibkan menerapkan perilaku ramah lingkungan dengan memiliki kebijakan (visi, misi, tujuan dan program) yang mengintegrasikan upaya Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH). Upaya PPLH ini ditentukan berdasarkan pemetaan atau kajian kondisi lingkungan hidup dan rencana aksi lingkungan hidup sekolah. Pendidik dan peserta didik melakukan proses pembelajaran yang mengintegrasikan upaya PPLH, membentuk kader-kader Adiwiyata sekolah serta mengelola sarana dan prasarana pendukung proses pembelajaran dan kegiatan PPLH di sekolah,” pungkasnya.