BINJAI,DLHBinjaiNews (23/4/2019) Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2019 lalu dan menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang jatuh pada tanggal 26 April 2019 nanti , Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, BPBD Kota Binjai dan TNI Kodim 0203 Lkt  gotong royong pembersihan daerah aliran sungai bingai dan sekitarnya, selasa (23/4)

Sekitar puluhan personel gabungan membersihkan tumpukan sampah rumpun bambu dan kayu-kayuan serta sampah rumah tangga yang ada di tepi aliran air yang apabila turun hujan dan debit air meningkat  biasanya roboh dan menghambat aliran air dan mengakibatkan banjir.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0203 Lkt Letkol Inf Syamsul Alam, SE bersama Kepala Pelaksana BPBD Kota Binjai Ahmad Yani, S.STP, M.AP  yang mengkoordinir kegiatan tersebut mengatakan  pengangkatan sampah rumah tangga dan rumpun bambu yang menumpuk di DAS Bingai akibat terbawa arus dari daerah hulu sungai, sebagai langkah awal antisipasi terjadi banjir Sungai Bingai serta demi menjaga kelestarian alam.

Tidak hanya pembersihan sampah di DAS Bingai, kegiatan gotong-royong juga dilakukan diwilayah pinggiran sungai pasar tavip, kelurahan pekan binjai kecamatan binjai kota.

Menurut Edy Suprayitno selaku Kasi Kebersihan, di tempat tersebut memang terdapat sampah dengan jumlah sangat banyak sehingga mengganggu pandangan mata. Tak hanya itu, lingkungan pun tercemar karena berbau serta aliran air terhambat. Hal ini dikarenakan banyaknya sampah yang dibuang sembarangan yang berasal dari pasar tavip maupun warga sekitar.

Meski sudah adanya Plank Himbauan menjaga kebersihan lingkungan serta Truk Angkutan Sampah yang rutin melewati jalur pasar tavip namun kerap saja sampah sembarangan terus ada disepanjang jalan pinggiran sungai pasar tavip hingga kedalam sungai.

Selain membersihkan sampah sembarangan dipinggiran sungai, pemangkasan rumput liar yang sudah tumbuh tinggi juga dilakukan dilahan kosong dan pinggir jalan sekitar wilayah tersebut. Edy mengimbau agar masyarakat yang tinggal di sekitar sungai dan para pedagang pasar tavip untuk tidak membuang sembarangan yang bukan pada tempatnya khususnya di sungai.”Jangan sampai keberadaan sungai dijadikan sebagai tong sampah karena akan merusak ekosistem sungai, menimbulkan berbagai macam penyakit, mengakibatkan banjr dan dampak negatif lainnya, tegasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0203 Lkt Letkol Inf Syamsul Alam, SE , Kepala Pelaksana BPBD Kota Binjai Ahmad Yani, S,STP, M.AP, Kepala Bidang Kebersihan dan Angkutan DLH Kota Binjai Muhammad Alhuda, S.STP, Kepala Bidang Pengelolaan Kualitas Lingkungan DLH Kota Binjai Amas Mansyur Siregar, ST, serta Camat Binjai Kota Muhammad Fajar Kurniawan,