BINJAI,DLHBinjaiNews (13/7/2018) Belum lama berselang kejadian pengrusakan Tong Sampah Besar di Jln. Soekarno Hatta Km.18 yang dibakar dengan sengaja oleh orang yang tidak bertanggung jawab beberapa waktu lalu, kini kerusakan Tong Sampah kembali lagi terjadi di lokasi depan Kantor PT. PLN Area Binjai Jl. Tengku Amir Hamzah, Binjai. Untuk kali keduanya, Fasilitas Umum Tong Sampah Besar milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai rusak dengan cara yang sama seperti sebelumnya, hancur akibat dibakar dengan kesengajaan.

Laporan tersebut disampaikan pertama kalinya oleh salah satu Mandor Petugas Kebersihan yang tengah bertugas di wilayah tersebut, dan dari keterangannya, 1 unit Tong Sampah Besar yang berada di depan Kantor PLN rusak akibat dibakar dengan sengaja, hal itu terlihat dari kantongan plastik sampah serta goni sampah yang didekat tong sampah masih dalam kondisi utuh dan tidak ada tanda tanda ikut terbakar.

Mandor Petugas kebersihan juga sebelumnya dilokasi kejadian, berusaha mencari tahu dengan mencari keterangan dari sejumlah warga yang berada diwilayah tersebut, namun keterangan yang didapatkan, tiada satupun yang tahu siapa yang telah membakar tong sampah tersebut, warga menyimpulkan kejadian tersebut saat kondisi jalanan masih dalam keadaan sepi.

Kepala Bidang Kebersihan dan Angkutan, Muhammad Alhuda, S.STP saat dikonfirmasi sangat berang sesaat menerima laporan kejadian tersebut.

“ini sudah kedua kalinya fasilitas umum Tong Sampah kita dirusak dengan carai dibakar, ini bukan tindakan iseng lagi, tapi sudah merupakan tindakan anarkis, tidak saja merugikan pemerintah tetapi juga masyarakat serta lingkungan dan saya tidak segan-segan untuk menindak tegas pelaku pengrusakan tersebut ” tandasnya.

“Saya sudah perintahkan anggota untuk terus lebih mengawasi serta berusaha mencari tahu siapa pelaku pengrusakan itu, dan untuk itu dimohonkan juga bantuan kepada masyarakat kota binjai untuk turut mengawasi segala fasilitas umum milik pemerintah terutama Tong Sampah DLH Kota Binjai yang tersebar ditempat umum dan segera melaporkan ke pihak berwajib bila melihat ada indikasi orang-orang yang mencurigakan dilokasi lokasi fasilitas umum”. tambahnya lagi

Segigih apa pun pemerintah dalam menyediakan fasilitas umum tidak akan memberikan hasil yang berarti jika kesadaran itu belum tumbuh di diri masyarakat yang tidak bertanggung jawab.

Sudah sepantasnya masyarakat yang tidak bertanggung jawab mulai memberangus mental perusak dari dalam diri masing-masing.  Alangkah lebih sempurna jika masyarakat juga memiliki keinginan untuk ikut menjaga fasilitas umum.