BINJAI,DLHBinjaiNews (3/12/2019) Global Warming atau umumnya disebut Pemanasan Global selalu menjadi isu tidak pernah usai. Pemanasan global adalah keadaan dimana suhu rata-rata permukaan atmosfer, laut dan daratan bumi mengalami peningkatan. Pemanasan Global disebabkan oleh beberapa hal diantaranya : efek rumah kaca, ulah manusia dan akibat dari kejadian tersebut Permukaan Air Laut Naik, Suhu Global Cenderung meningkat, gangguan ekologis.

Dalam upaya pencegahan sekaligus pengurangan dari Global Warming tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai bekerjasama dengan TP.PKK Kota Binjai melaksanakan kegiatan Gerakan Menanam Pohon Tahun 2019 di wilayah Kelurahan Sumber Karya Kecamatan Binjai Timur dan Kelurahan Jati Utomo, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Selasa (3/12)

Kegiatan itu dibuka oleh Ketua TP.PKK Kota Binjai Hj.Lisa Andriani M Idaham, S.Psi , dalam sambutannya menjelaskan bahwa program gerakan menanam pohon ini merupakan upaya dalam melestarikan lingkungan yang mana perlu dicontohkan kepada generasi penerus kita sehingga lingkungan hidup dapat lestari dan berkesinambungan serta terpelihara hingga ke anak cucu.

“Mari kita ajak masyarakat untuk peduli, memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, sehingga kota Binjai ini tetap menjadi kota yang indah, damai, aman, dan nyaman”, ujar Lisa

lanjutnya lagi, lisa berharap agar masyarakat juga turut menjaga kebersihan lingkungan dengan memilah sampah dan bijak dalam mengelola sampah rumah tangganya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai dr T Amri Fadli M.Kes dalam sambutannya mengatakan bahwa
saat ini isu Pemanasan Global tidak bisa dipandang sebelah mata, Pemanasan global merupakan sebuah fenomena meningkatnya suhu dipermukaan bumi akibat meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca.

Femomena pemanasan global tidak bisa terlepas dengan rusaknya ekosistem di bumi ini. Salah satu penyebab utama fenomena ini adalah pencemaran lingkungan yang berlebihan. Selain itu penebangan hutan dan polusi udara juga tidak kalah berperan dalam fenomena ini.

“Salah satu cara kita menangani pemanasan global ini adalah dengan cara gerakan menanam pohon.” ujarnya.

Menurutnya, pohon merupakan sumber kehidupan, begitu banyak manfaat yang diberikan untuk kehidupan manusia seperti menghasilkan oksigen, menyerap karbon dioksida dan gas beracun lainnya dan lain sebagainya.

“Jika setiap orang terpanggil untuk menanam satu pohon saja, maka itu sungguh merupakan suatu perbuatan yang luar biasa, masyarat yang bersinergi dengan pemko Binjai akan sangat mem berikan hasil maksimal,” sebutnya.

KETUA TP.PKK KOTA BINJAI HJ. LISA ANDRIANI, DIDAMPINGI KEPALA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BINJAI dr.T.AMRI FADLI, M.Kes MENAMAM POHON DILINGKUNGAN SEKITAR LOKASI KEGIATAN.

Selain itu, lanjut dr Amri, aksi menanam pohon sarat akan pesan moral, yang intinya ajakan kepada semua pihak untuk mengubah pola pikir (mind set) dari kebiasaan menebang pohon menjadi cinta menanam dan memelihara pohon.

Sebagai langkah nyata adalah dengan cara tanam pohon. Jika tidak dapat menanam pohon maka merawatnya, dan jika tidak dapat merawatnya maka jangan merusaknya.

Kegiatan menanam pohon tahun 2019 di isi dengan acara pementasan pantun lingkungan hidup dan busana dari bahan daur ulang sampah yang dipersembahkan oleh anak-anak literasi Kelurahan Sumber Karya sekaligus menyerahkan bingkisan Paket Wadah Makanan dan Minuman Ramah Lingkungan, kemudian dilaksanakan penyerahan Bibit Pohon kepada 5 (lima) Kecamatan yaitu Kecamatan Binjai Kota, Kecamatan Binjai Timur, Kecamatan Binjai Selatan, Kecamatan Binjai Barat dan Kecamatan Binjai Utara, kemudian penanaman pohon diseputar lokasi kegiatan serta pengumpulan ecobrick yang dibuat oleh masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala DLH Kota Binjai dr.Tengku Amri Fadli, M.Kes, Sekretaris DLH Kota Binjai Hj.Suriani S.Sos, Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Ir. Junaidi Tarihoran, Babinsa, Camat, Lurah, Pengurus PKK Se-Kota Binjai,Kepala Lingkungan, Tokoh Masyarakat serta instansi terkait lainnya.