BINJAI,DLHBinjaiNews (31/07/2018) Saat ini limbah kertas koran dilirik untuk dijadikan bahan berguna dan bernilai ekonomis. Guna menjadikan lmbah kertas Koran sebagai bahan berguna dan memiliki nilai jual, Kecamatan Binjai Barat menyelenggarakan kegiatan pelatihan limbah koran “From Sampah To Karya From Karya To Rupiah” di Aula Kantor Camat Binjai Barat Jl. Ismail, Limau Mungkur, Binjai, Senin (30/7).

Puluhan ibu-ibu TP PKK Kecamatan Binjai Barat maupun anak-anak PIK-R, diikutsertakan dalam Pelatihan Daur Ulang Kertas Koran. Camat Binjai Barat Samuel Lumbantoruan pada saat membuka kegiatan pelatihan menyampaikan, peluang usaha juga bisa berasal dari kertas koran yang sudah dianggap menjadi sampah atau tidak berguna,

“Kita ingin dari limbah kertas Koran itu menjadi barang berguna dan memiliki nilai jual ekonomi, untuk itu kita menyelenggarakan kegiatan ini dengan narasumber yang sudah ahli dalam bidangnya yaitu Ibu Poniati, selama ini beliau juga aktif dalam kegiatan pelatihan kegiatan ibu-ibu PKK Kecamatan dan PIK-R lainnya  ” ungkap Samuel dihadapan peserta pelatihan.

Disampaikan Samuel, dengan adanya pelatihan untuk membuat kerajinan tangan, baik dalam bentuk mangkuk, atau tempat menyimpan barang itu bisa dibuat dari koran bekas. Dengan ada waktu luang, ibu-ibu ini bisa memanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan dengan bekal ilmu yang didapatkan dan tentunya bisa menambah pendapatan bila memang digeluti serius dan berkelanjutan.

Sementara itu, Ketua TP.PKK Kecamatan Binjai Barat, Merry , mengatakan bahwa selain menanamkan rasa peduli akan lingkungan hidup, kegiatan pelatihan pemberdayaan masyarakat ini diharapkan mampu menambah dan mengasah keterampilan masyarakat khususnya ibu-ibu sehingga dapat menjadi sumber penghasilan secara mandiri.

“Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari Program Pemberdayaan Perempuan yang bertujuan memberikan tambahan keterampilan. Jika ditekuni dengan serius, keterampilan tersebut dapat dijadikan tambahan penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan  keluarga,” katanya.