BINJAI,DLHBinjaiNews (7/1/2019) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai melatih ASN dan Fasilitator UPTD Pengelolaan Sampah dan TPA DLH Kota Binjai di Kawasan Bukit Lawang, Kabupaten Langkat,sejak sabtu hingga minggu (5-6/1).

Pelatihan ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas mereka dibidang Pengelolaan Sampah dan TPA. Salah satu materi penting yang diberikan adalah keterampilan berkomunikasi di depan orang banyak atau public speaking.

Kepala DLH Kota Binjai dr.Tengku Amri Fadli, M.Kes diwakili Kepala UPTD Pengelolaan Sampah dan TPA DLH Kota Binjai Halomoan P Simangunsong, ST saat membuka acara mengatakan, tenaga fasilitator dan penyuluh lapangan yang dilatih nantinya akan semakin meningkat kemampuannya di lapangan, baik untuk pengelolaan sampah masyarakat dan pembinaan bank sampah di Kota Binjai.

“Dengan adanya pendampingan dan pengawasan oleh tenaga fasilitator dan penyuluh lapangan, semua pekerjaan diharapkan bisa berjalan dengan baik, Pematerinya orang berkompeten di bidangnya. Sehingga setelah selesai acara diharapkan menambah wawasan dan berdampak langsung terhadap kerja-kerja mereka di lapangan nantinya.” tandasnya.

Muhammad Arif selaku Pemateri yang bekerja sebagai HRD dan Trainer disalah satu perusahaan swasta nasional menyampaikan Syarat yang harus dipenuhi sebagai public speaking atau pembicara adalah menguasai materi yang akan disampaikan, memiliki kecakapan untuk menyampaikan materi pidato atau sambutan, isi pidatonya mengandung pengetahuan dan mempunyai tujuan yang ingin dibicarakan serta mampu menjalin hubungan yang baik dengan khalayak atau pendengarnya.

Halomoan berharap, peserta pelatihan mampu melakukan presentasi, sehingga dapat berbicara didepan umum dengan percaya diri dan nyaman, mampu menghidupkan segala sesuatu yang dikatakan penuh pengaruh dan bersifat alami, serta mampu menemukan strategi yang canggih untuk mengatasi pertanyaan serta masukan. Karena nantinya fasilitator rencananya akan ada ditiap-tiap kecamatan se-Kota Binjai.