BINJAI,DLHBinjaiNews (07/07/2020) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, dr.Tengku Amri Fadli, M.Kes diwakili Plt. Sekretaris Asminawati, S.Sos menghadiri Penanaman bibit padi perdana dengan penggunaan rice transplatter sisten Jarwo di lahan sawah Kelompok Tani Setia Jaya, Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Selasa (07/07).

Penanaman Bibit Padi Perdana dimulai oleh Walikota Binjai H.M Idaham, SH, M.Si bersama Ketua TP.PKK Kota Binjai di lahan seluas seluas 7 hektare menggunakan mesin tanam bibit padi atau rice transplanter, dimana dengan alat ini  jumlah, kedalaman, jarak dan kondisi penanaman bibit padi dapat diseragamkan.

Menurut Idaham walau ditengah melemahnya ekonomi sebagai dampak dari wabah pandemi Covid-19 saat ini para petani tetap menjalankan aktivitasnya sebagai langkah salah satu upaya untuk menjaga ketahanan pangan dan sektor pertanian merupakan salah satu sektor andalan yang mampu tetap bertahan.

“Ini juga sebagai upaya menjaga ketersediaan pangan dan mengantisipasi dampak pandemi COVID-19, untuk itu mari kita tidak berhenti untuk melakukan kegiatan penanaman padi di lahan sawahnya, hal ini juga seiring imbauan pemerintah melalui Kementerian Pertanian yang mendorong percepatan masa tanam padi didaerah,” ungkapnya.

Salah satu Petani Kelompok Tani Jaya saat tengah berdialog dengan Walikota Binjai

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Binjai, Agustawan Karnajaya, menjelaskan bahwa sistem tanam Jarwo adalah salah satu sistem penanaman padi di Indonesia yang pada intinya dilakukan dengan cara mengatur jarak antar benih pada saat penanaman. Sistem ini telah terbukti dapat meningkatkan hasil padi dibanding dengan penggunaan sistem tradisional.

Dengan demikian, pertumbuhan dan perkembangan lebih baik, karena memperoleh intensitas sinar matahari yang lebih banyak, kata Agustawan.

Kegiatan Penanaman padi perdana dihadiri Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan Afni Zahara dan anggota DPRD Kota Binjai dari Fraksi Gerindra, Joko Basuki.

Dalam kesempatan tersebut Joko Basuki  sangat mengapresiasi Walikota Binjai H.M Muhammad Idaham bersama Ketua TP PKK Lisa Andriani yang tidak enggan nyemplung ke lumpur untuk melakukan tanam padi.

Turut Hadir, Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, dr. Sugianto, Kepala Bagian Kesra, Fajar M. Lubis, Camat Binjai Timur, Hardiansyah Pohan, S.STP, Lurah Sumber Karya, Agus S. dan tamu undangan lainnya.